-->

KELOMPOK SOSIAL BATIK TULIS SUMBER REJEKI LASEM


Kelompok sosial batik tulis Sumber Rejeki Lasem terletak di Desa Tawangsari Babagan RT 02 RW 01 Kecamatan Lasem Kabupaten Rembang  Tengah. Waktu berdiri usaha batik Sumber Rejeki Lasem pada tahun 2010. Ketua, Sri Winarti, Wakil Ketua eko, dan anggotanya Teguh, Khoir, Roni, Mat, dan Soleh. Pencetus usaha batik ini adalah Sri Winarti. Dengan modal awal 20 juta, mereka berniat ingin melestarikan budaya bangsa Indonesia yang mempunyai nilai tinggi dan abadi sepanjang masa. Melalui bisnis kecil-kecilan ini, sampai sekarang masih berkembang. Adapun untuk masuk menjadi anggota tidak harus menggunakan syarat-syarat yang khusus. Tidak bisa atau tidak mempunyai bakatpun diterima untuk menjadi anggota, karena semua dapat dipelajari asal punya kemauan mau belajar atau bekerja.

Ciri kekhasan batik Sumber Rejeki terletak pada motifnya. Biasanya bermotif baganan atau motif daerah sekitar. Tetapi mayoritas bermotif tiga negeri dan sekar jagat. Aturan keanggotaan kelompok pegawai batik ini, biasa berangkat jam setengah delapan, istirahat pukul dua belas siang selama tiga puluh menit, dan pulang kerja sekitar jam empat sore.

Kegiatan di kelompok sosial Batik Tulis Sumber Rejeki Lasem adalah sebagai berikut. Pertama, membuat pola diatas kain mori dengan motif sekar jagat. Selanjutnya di batik menggunkan canting setelah itu ditembok dan terakhir proses pewarnaan. Kalau menggunakan satu warna, biasa langsung jadi. Tetapi kalau dua atau tiga warna membutuhkan waktu yang cukup lama.

Kegiatan yang sudah dilakukan yaitu Pameran. Tujuan kegiatan ini  adalah promosi. Dengan promosi batik tersebut dapat dikenal dikalangan masyarakat. Cara melakukan pameran  yaitu dengan cara menyiapkan batik-batik yang dipamerkan misalnya di Semarang dan di Jakarta. Manfaat kegiatan pameran ini  agar batik tersebut dikenali oleh masyarakat luas. Tindak lanjutnya membuat batik yang lebih indah, unik, dan kreatif.
Ada kendalanya pada waktu pembuatan batik. Pada saat  terik matahari, cara mengatasinya atap yang masih berlubang dikasih penutup. Kegiatan unggulan kelompok sosial batik tulis ini adalah mengikuti fashion show dan mengikuti pameran. Rencana kedepan bisa menciptakan ragam batik yang kreatif dan inovatif yang dapat dijual di pasaran  supaya tidak ketinggalan dengan produk batik yang lain.

Harapan kedepan lebih maju lebih sukses agar batik Sumber Rejeki lebih dikenal di lingkungan sekitar, diluar kota, bahkan di luar negeri. Respon masyarakat sekitar dengan adanya usaha batik Sumber Rejeki secara tidak langsung menambah pemasukan bagi masyarakat sekitar yang semula tidak mempunyai pekerjaan sekarang sudah mempunyi penghasilan.

Penulis: Siti Nadlifah, Divani Zahra Ardana, Intan Nur Aini, Nurul Nikmah, Ririn Novita Sari, dan Rosikhah Dina Amalia