-->

Suasana Dan Keadaan Baru Ini Sangat Menjadi Tantangan Bagi Saya


www.sman1pamotan.sch.id - Kegiatan tahun ajaran baru hari ini telah dimulai tepatnya tanggal 13 Juli 2020. Tetapi tahun ini berbeda dengan tahun ajaran baru sebelumnya karena tahun ini kegiatan pembelajaran dilakukan dengan online ataupun daring dari rumah . hal ini  adalah salah satu peraturan pemerintah yang harus dijalankan untuk memutus mata rantai penyebaran virus Corona ini karena pandemi yang belum usai sampai saat ini. Tetapi, hal ini tidak menyurutkan semangat para murid maupun guru untuk mengawali tahun ajaran baru dengan sukacita. Hari pertama pembelajaran jarak jauh kini sudah dimulai ini awal baru bagi siswa untuk memulai tahun ajaran dengan metode  baru yakni melalui aplikasi yang telah disediakan yakni aplikasi classroom.Aplikasi classrom ini adalah sebuah aplikasi yang menjadi media  bagi para guru maupun murid untuk melalukan kegiatan pembelajaran jarak jauh.

Suasana dan keadaan baru ini sangat menjadi tantangan bagi saya karena yang semula tatap muka kini menjadi daring atau online.tantangan yang saya maksud yaitu kini saya harus melek dengan teknologi sehingga saya bisa mengikuti pembelajaran jarak jauh dengan baik.Dengan adanya pembelajaran jarak jauh ini saya sangat mensyukurinya  karena saya masih bisa belajar dan mengikuti pembelajaran walaupun kita masih dihadapkan dengan kondisi sulit karena wabah korona .tetapi ada hal yang menyulitkan bagi saya yaitu ketika saya tidak paham dengan isi materi yang dijelaskan  karena kurangnya komunikasi antara saya dengan guru mapel .sehingga terkadang saya belum memahami salah satu materi  ditambah lagi materi baru membuat saya semakin pusing dan bingung .kesulitan yang lainnya yaitu ketika sinyal tidak mendukung dan terjadi keeroran android . Dan bagi saya pembelajaran jarak jauh ini membuat saya semakin mengerti apa itu arti kebersamaan yang selama ini kita lakukan di sekolah dan membuat saya semakin kangen untuk belajar kembali di sekolah seperti biasa.

Tanggapan keluarga saya mengenai pembelajaran jarak jauh hari pertama  ini turut senang karena biasanya saya menggunakan hp hanya untuk bermain kini hp juga bisa menjadi media untuk melakukan kegiatan belajar mengajar .  Tetapi keluarga saya juga mempunyai kekhawatiran jika saya tidak mengerti dengan materi yang diajarkan  saya bisa tertinggal materi dan tidak paham apa yang disampaikan.tetapi kami tetap bersyukur atas apa yang terjadi dan melakukan pembelajaran jarak jauh dengan sebaik baiknya dan tetap mentaati peraturan pemerintah yang mengharuskan pembelajaran dilakukan di rumah melalui mempelajaran daring atau online. Walaupun pembelajaran dilakukan secara online tetapi kita harus tetap semangat untuk belajar dan terus berdoa agar pandemi ini cepat berlalu dan kita bisa belajar kembali di sekolah.Bagi teman teman semuanya jangan lupa belajar dan stay save and stay healthy .


Penulis: Khoirul Fitriyani (Siswa SMA Negeri 1 Pamotan Kelas XII IPS 5)