-->

Aku Kurang Senang Karen Pembelajaran Jarak Jauh Jarang Ada Penjelasan Materi dan Diskusi


www.sman1pamotanrembang.sch.id - Proses pembelajaran jarak jauh kini sudah berlangsung.Kesiapan guru dan siswa dalam belajar dirumah ini bervariasi,ada yang siap,terpaksa siap dan betul-betul tidak siap.Tetapi siap tidak siap,berbagai upaya menerapkan pembatasan sosial harus dilaksanakan demi mencegah meluasnya penyebaran virus COVID-19. Sistem belajar mengajar berubah dari tatap muka menjadi daring dengan memanfaatkan teknologi.Sistem belajar online yang diterapkan menggunakan google juga aplikasi lainnya untuk menunjang proses , seperti google classroom dan whatsapp.Para siswa dan guru memanfaatkan aplikasi google classroom. Materi serta tugas pun dikirim secara online melalui aplikasi tersebut.Dalam situasi yang begini saya harus menikmatinya dan menjadi pengalaman baru dalam hidup.

Suasana yang saya rasakan pada hari pertama pjj dirumah yaitu menyenangkan dan mengesankan.Karena setidaknya saya bersyukur di tengah kondisi luar yang kurang baik ini saya masiH diberi kesempatan untuk tetap belajar jarak jauh.Dan saya sedikit kurang senang karena proses pembelajaran jarak jauh jarang ada penjelasan materi dan diskusi.Sebab juga ada  banyak siswa yang mengeluh karena banyak yang merasa  kebingungan dan sedikit tidak paham akan materi yang disampaikan.Namun pemerintah telah mengeluarkan kebijakan bahwa proses pembelajaran tatap muka diubah dengan sistem pembelajaran daring yang awalnya tidak terbayangkan akan ada pembelajaran seperti itu.Meskipun tidak bisa dipungkiri bahwa muncul kerinduan sekolah para siswa dan para  guru untuk belajar dengan tatap muka seperti biasa menimbulkan kegelisahan tersendiri.

Tanggapan  keluarga saya semenjak berlangsungnya hari pertama  proses pembelajaran jarak jauh ini adalah ikut merasa senang dan  bersyukur dengan adanya kegiatan belajar dari rumah karena mereka beralasan bahwa dengan adanya kegiatan belajar dari rumah atau belajar jarak jauh online dapat memanfaatkan handphone untuk kepentingan pembelajaran dan dapat mengisi rutinitas didalam rumah seperti anjuran pemerintah untuk tetap beraktifitas dalam rumah(stay at home).Dan sebelum waktu pjj dimulai,saya terlebih dahulu sarapan bersama nenek dan kakek saya setelah itu mandi.agar pikiran saya fresh dalam mengikuti kegiatan pembelajaran secara online dan saya menikmatinya.

Penulis:  RILY AMELIA  (Siswa SMA Negeri 1 Pamotan Kelas XII IPS 5)